Muhammad Rizqi Tohopi

Optimis itu perlu…!!!

Pengaruh Radiasi Laptop, komputer dan Smartphone

Salam jumpa untuk teman-teman sekalian..

Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi informasi kepada teman-teman. Apakah teman-teman mengetahui, pengaruh radiasi Laptop/komputer dan smartphone yang kita miliki sekarang?Saya akan paparkan dengan singkat, padat dan jelas.😀

Pada era Globalisasi sekarang, dunia teknologi semakin berkembang dengan pesatnya terutama pada alat elektronik yang telah dimodifikasi seperti laptop/komputer, smartphone, dll. Penggunaannya pun semakin meluas, baik dari kalangan ekonomi atas, menengah maupun dibawah.

Orang-orang sekarang termasuk saya, kadang lupa laptop/komputer maupun smartphone yang kita gunakan memiliki rahasia yang tidak kita sadari. Perlu kita ketahui, semua alat elektronik mengeluarkan sejenis medan elektromagnetik (electromagnetic field atau EMF) yang merupakan salah satu jenis radiasi. Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna laptop/komputer dapat menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, penggunaan komputer juag masih dapat terserang penyakit lain seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah berair, nyeri, dan bahkan ganguan penglihatan.

Ahli kesehatan Dr. Setiajid Yang mengatakan, jika seseorang bekerja dengan komputer sekitar 12 jam sehari, terlebih monitor komputernya tidak dilindungi dengan filter Anti radiasi, maka radiasi dari monitor komputer itu akan menyebabkan mata perih dan merah. Sebab monitor komputer menghasilkan radiasi sinar X, ultraviolet, dan radiasi electromagnetic (sama dengan yang dihasilkan oleh microwave).

Menurut Dr. Setiadjit Yang, batas medan elektromagnetik yang bisa ditoleransi tubuh manusia adalah 2.5 miliGauss sedangkan laptop bisa mengeluarkan radiasi lebih dari 150 mG saat digunakan. Oleh karena itu, jika harus menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-harinya maka disarankan melakukan beberapa hal untuk mengurangi radiasi. Pertama, Bila bekerja dengan komputer disarankan untuk setiap sekitar 30 sampai 50 menit mengistirahatkan mata selama 5 menit, lihat tanaman yang berwarna hijau, lihat objek dengan jarak pandang yang berubah mulai dari yang terdekat sampai terjauh (lihat ke awan).

Kedua disarankan untuk menghindari meletakan laptop di atas paha saat bekerja karena tidak adanya jarak tubuh dengan laptop menimbulkan risiko yang lebih besar terhadap radiasi. Berbeda halnya dengan komputer desktop yang dilengkapi dengan casing metal sehingga membentuk pelindung Gauss yang melindungi dari radiasi. Namun para pembuat laptop ada yang menghilangkan pelindung ini dari produknya agar laptop mereka lebih ringan dan lebih menarik pengguna.

Ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi efek dari radiasi labtop/komputer adalah sebagai berikut :

  • Bila bekerja dengan komputer, setiap ±30 s/d 50 menit, istirahatkan mata selama 5 menit, lihat tanaman yang berwarna hijau, lihat objek dengan jarak pandang yang berubah mulai dari yang terdekat sampai terjauh (lihat ke awan).
  • Gunakan monitor LCD (liquid crystal display) dan screen filter untuk mengurangi radiasi komputer. Radiasi yang disebabkan oleh monitor LCD cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan radiasi monitor tabung.
  • Sesuaikan setting pada monitor Anda. Akan berakibat buruk pada mata jika setting monitor Anda menjadi terlalu gelap atau terlalu terang. Cobalah untuk melakukan seting pada cahaya dan contras agar nyaman untuk mata.
  • Sesuaikan posisi monitor agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika letak monitor terlalu tinggi maka akan menggangu suplay udara menuju otak. Posisi yang ideal untuk monitor adalah sejajar dengan mata.
  • Jaga jarak Anda dengan monitor. Idealnya, jarak minimal antara mata dengan komputer adalah 45 cm.
  • Untuk pengguna laptop, agar kiranya tidak meletakkan labtopnya di paha anda, dikarenakan dapat mengakibatkan kemandulan bagi yang belum menikah.

Radiasi ponsel telah lama dikaitkan dengan berbagai gangguan fungsi otak atau susunan saraf pusat. Gangguan ke otak tersebut meliputi mulai dari tumor hingga insomnia. Meskipun temuan studi masih bertentangan, bukti mulai menunjukkan adanya peningkatan risiko tumor otak di kalangan pengguna ponsel.

Efek radiasi pada anak-anak sangat mengkhawatirkan karena otak yang masih berkembang sangat mungkin terkena radiasi. Tumor otak biasanya berkembang selama 30 sampai 40 tahun. Anak-anak yang menggunakan telepon genggam sejak remaja akan mempunyai periode waktu yang lebih panjang sebelum terlihat dampaknya. Seseorang tidak tahu apakah anak-anak lebih mudah terkena radiasi, sebaiknya menggunakan headset guna menjauhkan antena dari kepala.

Pihak BlackBerry (BB) telah mengeluarkan pernyataan bahwa meletakkan smartphone itu di kantong bisa membahayakan kesehatan. Menurut buku panduan penggunaan BB, khususnya edisi Torch, disebutkan bahwa sebaiknya BB digunakan dengan sarungnya atau ditaruh di kantong lain yang terlepas dari pakaian. Setidaknya, ada jarak 25 mm antara BB dan tubuh ketika ponsel itu melakukan transmisi. BB yang ditaruh terlalu dekat dengan tubuh, terkecuali yang telah dipakaikan sarung resmi dari RIM, bisa menyebabkan gadget itu mengeluarkan frekuensi radio yang berlebihan dari ukuran standar. Panduan itu juga menyebut dalam jangka panjang, bila selalu terpapar BB secara dekat , akan menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Ponsel seperti blackberry juga mendatangkan masalah. Menurut pakar kesehatan, ponsel cerdas ini tidak hanya mengganggu kesehatan fisik tetapi juga mental. Selain itu, sangat memicu ketergantungan sehingga membuat pengguna memerlukan terapi setara dengan terapi ketergantungan obat-obatan.

Beberapa tips sederhana yang sangat membantu agar dapat mengurangi dampak bahaya radiasi ponsel bagi tubuh:

  • Jangan meaktifkan ponsel dekat bayi atau anak. Dampak kesehatan radiasi pionsel terhadap bayi dan anak lebijh besar dibandingkan pada orang dewasa.
  • Jika memungkinkan sebaiknya menggunakan peralatan tambahan seperti misalnya headset ketika berbicara di telepon. Karena walaupun dengan menggunakan headset tidak 100 persen menghilangkan radiasi, tapi setidaknya mengurangi radiasi itu sendiri! Atau jika memungkinkan sebaiknya menggunakan fasilitas loudspeaker. Kemudian jika memilih untuk menggunakan headset maka usahkan agar ponsel jauh dari tubuh.
  • Sebisa mungkin jika masih bisa SMS, sebaiknya jangan telepon. Selain untuk ngirit pulsa, energi yang dibutuhkan untuk SMS lebih kecil jika digunakan untuk telepon.
  • Terkadang bila berada ke daerah yang lemah sinyal, biasanya jika hp digunakan untuk menelpon maka sinyalnya akan lemah. Dalam keadaan sinyal lemah maka ponsel akan semakin kuat memancarkan radiasi untuk mencari sinyal lemah tersebut, Selain itu keadaan seperti ini juga menyebabkan baterai cepat kosong. Sehingga sebaiknya hindari penggunaan ponsel jika sinyalnya lemah.

6 responses to “Pengaruh Radiasi Laptop, komputer dan Smartphone

  1. Rizky Hioda 06/03/2013 pukul 6:58 PM

    Terimah kasih atas informasinya gan !
    nice post…

    • rizqitohopi12 06/03/2013 pukul 7:09 PM

      Sama-sama gan. !!
      semoga informasi ini, bisa bermanfaat.

  2. terima laptop mati 08/01/2014 pukul 3:13 PM

    trimakasih atas infonya, ini akan sngat membantu saya untuk lebih berhati2. god artikel

    • rizqitohopi 09/01/2014 pukul 12:54 AM

      Terima kasih juga telah berkunjung di blog saya🙂

      • Kenzie Rey 25/06/2014 pukul 1:03 AM

        kalo sy sering pusing dan mual ketika sering buka laptop, mata kabur jg? knp itu?

      • rizqitohopi 05/10/2014 pukul 6:04 PM

        Mungkin itu pengaruh radiasi laptop atau posisi saat mengopersikan perangkat salah. Contoh; Jarak pangadangan mata ke perangkat terlalu dekat.

        Maaf jika ada kata yang kurang berkenan.
        Terima kasih sudah berkunjung🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: