Muhammad Rizqi Tohopi

Optimis itu perlu…!!!

Installasi Jdk7 Pada OS Windows

Saya akan memaparkan cara menginstall Java menggunakan jdk7 melalui OS Windows. Aplikasinya bisa teman-teman download disini jdk-7u5-windows-i586. Langsung saja kita masuk pada proses penginstallan jdk7.

Setelah aplikasinya di download, jalankan aplikasi tersebut. Kemudian install sebagaimana penginstallan aplikasi lainnya tema-taman. Selanjutnya kita men-setting path java. Caranya dengan klik kanan pada “My Computer”, pilih “Properties”, pilih “Advance System Setting”, kemudian akan muncul window System Properties (untuk windows7), pilih “Environment Variables…”

Pastikan Path-nya sudah ada.

a

Jika path-nya belum ada, carilah dimana aplikasi java tersebut di install. kemudian copy lokasinya.

b

Kemudian edit path pada window System Properties.

c

Setelah path di setting, selanjutnya masuk pada command promt dimana kita akan melakukan setting path. Caranya: C:\>set PATH=c:\Program Files (x86)\Java\jdk1.7.0_05\bin;%PATH%

d

Keterangan: %PATH% digunakansebagai backup dari path yang sudah ada sebelumnya, dan agar tidak mengulangi langkah ini, tempatkan setting path ini pada file autoexec.bat.

Untuk mengecek apakah variabel %PATH% telah mengandung direktori C:\jdk1.7.0_05\bin, dapat menggunakan perintah: C:\>echo %PATH%

e

Untuk mengecek Java versi apa yang digunakan, ketikkan perintah java -version.

f

Bagamana teman-teman, mudahkan dalam penginstallan aplikaksi Javanya?? Pasti mudahlah😀

Selanjutnya, saya akan memaparkan sedikit sebagai perkenalan bagamana sih, pemrograman Java itu dengan outputnya dilihat pada Command Promt. Berikut cooding yang harus kita buat melalui accesories Notepad pada OS Windows.

public class hello
{public static void main (String[] args)
{
System.out.println(“Selamat Datang di Teknik Informatika”);}
}

Hasil output pada Command Promt

g

Ohya teman-teman, untuk melihat hasil compile dari notepad seperti hasil di atas, kita harus tahu terlebih dahulu dimana letak ekstensi java yang dibuat tadi disimpan. kemudian panggil dengan menggunakan perintah “javac  (nama program.java)“, ketika tidak ada kesalahan atau error tandanya program berhasil dan sudah memiliki class. Untuk memanggil program yang dibuat tadi dengan menggunakan perintah “java  (nama program)“.

Kesempatan kali ini, saya tidak akan memaparkan seluruh cooding program Java, melainkan hanya sekedar perkenalan deng pemrograman Java. Jika teman-teman ingin bertanya tentang pemrograman Java selanjutnya, silahkan tinggalkan balasan. Selama saya bisa membantu,  saya akan sharing sama teman-teman. Maklum, saya juga baru dalam tahap pembelajaran😀

Semoga dengan sedikit sharing ilmu ini, bisa membantu teman-teman dalam proses installasi Java pada OS Windows.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: