Muhammad Rizqi Tohopi

Optimis itu perlu…!!!

Membuat Cooding Konversi Bilangan Desimal ke Binner

Apa kabar teman-teman?
Kesempatan kali ini, saya akan berbagi flowchart dan cooding untuk mengkonversikan bilangan desimal ke binner. Cooding ini simpel saja, tidak rumit-rumit amat..😀 Cooding ini saya buat, pada saat praktikum di lab berlangsung. Saya berfikir, dengan adanya pemrograman  ini dapat memudahkan saya bahkan teman-teman sekalian dalam mengkonversikan bilangan desimal ke biner. Sehingga saya tidak repot-repot lagi untuk membuat coretan hitungan di sebuah kertas untuk mengkonversikan bilangan desimal tersebut ke binner.

Ohya, cooding yang saya buat ini, saya tuangkan kedalam notepad. Kemudian di compile pada Command Promt ya teman. Bisa juga teman-teman buka melalui aplikasi Eclipse, Ultra Edit, dll yang mendukung sdk jdk atau java. Nah. berikut cooding konversi bilangan desimal ke binner;

import java.util.Scanner;

public class DesimalkeBiner {

public static void main(String[] args) {

    int input;
    Scanner scan = new Scanner(System.in);

    System.out.print(“Masukkan angka desimal untuk di konversikan ke biner: “);
    input=scan.nextInt();
    convert(input);

}

public static void convert(int num) {
       if (num>0) {
            convert(num/2);
            System.out.print(num%2 + ” “);
            }
      }
}

Tampilan pada command promt

ScreenHunter_39

Bagaimana teman-teman, mudahkan??  Semoga dengan tulisan yang singkat ini, dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian.🙂

Tinggalkan Balasan

