Muhammad Rizqi Tohopi

Optimis itu perlu…!!!

Bahaya HIV/AIDS Bagi Remaja di Indonesia

Assalammualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, yang terhormat rekan-rekan sekalian.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala Rahmat, Taufik dah Hidayah-Nya, sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Taklupa juga kita haturkan Shalawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliau telah membimbing kita dari zaman kegelapan kezaman yang terang benderang berdasarkan Iman dan Islam serta berkembangnya ilmu dan teknologi. Dan semoga limpahan Rahmat-Nya akan sampai kepada kita yang masih mengikuti ajaran-Nya. Merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan bagisaya, karena saya telah diberi kesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang bahaya HIV/AIDS bagi remaja di Indonesia.

Hadirin yang saya muliakan,

Seperti yang kita ketahui bersama, HIV atau Human Immunodeficiency Virus yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Sedangkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. Meskipun penanganan yang dlakukan telah dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

Beberapa tahun terakhir ini, penyebaran HIV/AIDS sudah meluas secara global dikalangan remaja akibat pergaulan bebas sehingga timbul untuk melakukan hubungan seks bebas, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan dipakai secara bergantian, serta transfuse darah yang tidak terseleksi dengan baik. Masalah ini bukan sekedar masalah kesehatan belaka, tetapi juga masalah sosial yang kompleks, karena berdampak luas dalam kehidupan masyarakat.

Hadirin yang saya hormati,

Perlu kita ketahui bersama remaja Indonesia kini sudah terpengaruh dengan budaya-budaya barat, sehingga budaya timur yang kita miliki sudah mulai terabaikan. Jadi jangan heran remaja-remaja dimasa kini sudah jauh dari norma-norma yang berlaku. Dari hal demikian, maka timbul faktor-faktor penyebaran HIV / AIDS. Selan itu, kurangnya pengetahuan dan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS. Serta lemahnya tonggak keimanan dalam diri remaja-remaja Indonesia untuk menjauhi segala sesuatu yang berbau negatif.

Hadirin yang berbahagia,

Setelah mengetahui penyebab dan akibat yang ditimbulkan oleh penyebaran HIV/AIDS, saya menghimbau kepada kita semua khususnya remaja-remaja penerus tongkat estafet perjuangan bangsa ini untuk melakukan aktifitas-aktifitas yang positif sehingga berguna bagi diri kita sendiri maupun khalayak dan dapat mengurangi angka penderita HIV/AIDS bagi para remaja Indonesia.

Hadirin yang sayahormati,

Demikian pidato singkat dari saya, apabila ada kesalahan tingkah laku maupun tutur kata yang tidak sesuai mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sebelumnya, saya berharap remaja Indonesia bisa terhindar dari HIV/AIDS yang bisa merusak masa depan sehingga menjadi tunas-tunas bangsa yang berkompeten dan remaja yang sehat. Tetap semangat untuk mewujudkan Indonesia sehat dan terbebas dari HIV/AIDS. Saatnya remaja Indonesia katakan “Ayo berantas HIV/AIDS”.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: