Muhammad Rizqi Tohopi

Optimis itu perlu…!!!

Analisis Kelayakan Bisnis

Analisis kelayakan bisnis adalah proses yang menentukan apakah ide bisnis entrepreneur dapat menjadi bisnis yang sukses. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah suatu ide bisnis layak direalisasikan.  Analisis kelayakan bisnis dapat dikaji dari empat aspek utama, yaitu produk dan jasa, industry dan pasar, organisasi dan keuangan. Sementara rencana bisnis merupakan alat perencanaan yang mengubah ide bisnis menjadi kenyataan. Rencana bisnis disusun berdasarkan studi kelayakan, tetapi memberikan gambaran yang lebih komprehensif dari pada studi kelayakan.

Analisis Kelayakan Produk

Analisis ini dilakukan untuk menilai seluruh tampilan produk yang akan dikembangkan. Analisis ini juga untuk menentukan daya tarik ide suatu produk bagi calon pelanggan dan mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk tersebut

Entrepreneur harus melakukan penelitian, baik primer maupun sekunder. Penelitian primer dilakukan dengan mengumpulkan data langsung dari konsumen dan menganalisisnya. Penelitian sekunder dilakukan dengan mengumpulkan data yang telah disusun pihak lain dan yang telah tersedia.

Penelitian juga dapat dilakukan dengan melakukan tes terhadap produk yaitu concept testing dan usability testing. Pada concept testing, tes dilakukan untuk mengetahui minat, hasrat dan maksud pembelian produk. Terdapat tiga maksud utama dalam concept testing, yaitu ;

  1. Memvalidasi asumsi dasar dari ide buruk
  2. Membantu pengembangan ide
  3. Mengestimasi pangsa pasar potensial dari produk

Hasil dari concept testing berupa pernyataan konsep yang mencakup hal-hal berikut ini ;

  1. Deskripsi barang atau jasa yang ditawarkan
  2. Pasar sasaran yang dimaksud
  3. Benefit dari produk atau jasa
  4. Deskripsi mengenai bagaimana produk akan diposisikan relative berbeda dibandingkan produk sejenis di pasar
  5. Deskripsi mengenai bagaimana barang atau jasa akan dijual dan didistribusikan.

Usability testing adalah bentuk dari analisis kelayakan produk untuk mengukur kemudahan penggunaan produk dan presepsi mengenai pengalaman menggunakan produk. Entrepreneur dengan anggaran terbatas dapat meminta bantuan teman atau kolega untuk menggunakan produk, kemudian memberikan evaluasi secara tertulis maupun secara lisan.

Analisis Kelayakan Industri dan Pasar

Analisis ini dilakukan untuk menilai seluruh tampilan pasar untuk produk yang akan dikembangkan. Terdapat 3 aspek yang dikaji yaitu ; kemenarikan industry, ketepatan waktu pasar dan identifikasi ceruk pasar.

ScreenHunter_1

Untuk memahami pasar, entrepreneur sebaiknya melakukan riset primer dan sekunder. Ketepatan waktu pasar menjadi bahan kajian entrepreneur ketika akan meluncurkan produk ke pasar. Meluncurkan produk terobosan yang sama sekali baru memberikan keuntungan bagi entrepreneur yaitu dapat menetapkan standar industry, pengakuan merek dan kekuatan besar.

Identifikasi ceruk pasar merupakan langkah terakhir dalam analisis kelayakan industry. Ceruk pasar adalah tempat didalam segmen pasar yang lebih besar yang mewakili kelompok kecil dari pelanggan dengan minat serupa.

ScreenHunter_2

Analisis Kelayakan Organisasi

Analisis ini dilakukan untuk menentukan apakah bisnis yang akan dijalankan memiliki cukup keahlian manajemen, kompetensi organisasi dan suber daya untuk meluncurkan bisnis secara sukses. Aspek kecakapan manajemen menuntut entrepreneur untuk mengevaluasi kecakapan dan kemampuan tim manajemen. Penilaian ini bersifat rinci dan entrepreneur harus mengisi penilaiannya sendiri.

Analisis dari sisi kecukupan sumber daya untuk menetukan apakah usaha baru yang dikembangkan memiliki sumber daya yang cukup, yang menentukan sukses tidakya pengembangan ide buruk. hal ini juga menyangkut kualitas sumber daya yang tersedia.

ScreenHunter_3

Analisis Kelayakan Keuangan

Aspek yang dikaji dalam analisis ini adalah uang kas yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, kinerja keuangan dari bisnis serupa dan kemenarikan keuangan secara menyeluruh dari bisnis yang akan dikembangkan.

ScreenHunter_4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: