Muhammad Rizqi Tohopi

Optimis itu perlu…!!!

Strategi Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu perusahaan karena itu pemasaran selalu memperoleh posisi penting dan dipandang sebagai jantung suatu perusahaan. Tanpa pemasaran, suatu perusahaan akan seperti kehilangan dorongan untuk bertahan dan bersaing yang selanjutnya membawa perusahaan menuju titik kemunduran, bahkan kekalahan dalam persaingan.

1.1 Segmentasi

Segementasi pasar merupakan langkah pertama dari tiga langkah yang berurutan.

ScreenHunter_5

Pada dasarnya terdapat dua pendekatan dalam segmentasi pasar yaitu segmentasi pasar tradisional dan segmentasi individual. Pendekatan tradisional terdapat tiga jenis segementasi, yaitu mass marketing, differetiatied marketing, dan  niche marketing. Sedangkan pendekatan segmentasi individual muncul sebagai akibat dari perkembangan teknologi komunikasi dan internet. Dengan perkembangan teknologi tersebut, perusahan dapat secara tepat mendesain produk dan jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

ScreenHunter_6

1.2 Penentuan target pasar

            Langkah ini pada dasarnya adalah mengevaluasi daya tarik setiap segmen dan memeriksa apakah segmen tersebut sesuai dengan kapabilitas dan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

            Strategi pemilihan target pasar, sebagai berikut ;

  1. Penyasaran segmen tuggal.
  2. Pasar selektif.
  3. Target pasar masal.
  4. Spesialisasi produk.
  5. Spesialisasi pasar.

Tantangan terbesar bagi entrepreneur ketika menentukan target pasar adalah memilih segmen yang menarik dan sinkron dengan model bisnis perusahaan dan keahlian serta latar belakang perusahaan. Mereka mengatakan bahwa positioning dimulai dari produk. Namun positioning bukanlah sesuatu yang perusahaan lakukan dengan produk, melainkan dengan pemikirian konsumen. Artinya bagaimana posisi produk perusahaan di benak konsumen.

 1.3 Positioning

Setelah memilih target pasar, maka langkah perusahaan selanjutnya adalah menetapkan posisi dirinya sedemikian rupa reatif terhadap pesaingnya. Artinya perusahaan harus memiliki dan memperlihatkan keunikannya.

            Kesalahan yang mungkin terjadi dalam positioning, sebagai berikut;

  1. Underpositioning, terjadi ketika konsumen tidak memiliki gambaran yang jelas tentang perusahaan maupun produk.
  2. Overpositioning, terjadi apabila konsumen memiliki gambaran yang terlalu sempit tentang produk atau perusahaan.
  3. Confused positioning, terjadi apabila perusahaan terlalu sering mengubah klaim sehingga membingungkan konsumen.
  4. Doubtful positioning, terjadi apabila perusahaan menggunakan klaim yang berlebihan.

Memperkuat posisi saat ini dapat dilakukan oleh entrepreneur dengan terus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih baik daripada pesaing. Kuncinya adalah denga terus memonitor kebutuhan dan keinginan konsumen dan mengukur secara rutin seberapa terpuaskan konsumen atas produk yang ditawarkan.

Strategi Produk

Strategi produk adalah strategi yang paling krusial. Dalam konteks pemasaran produk mencakup produk fisik, jasa, pengalaman, orang, tempat, properti, informasi, ide dan kejadian.

            Berdasarkan daya tahan dan wjudnya, produk dapat diklasifikasikan menjadi tiga golongan, antara lain ;

  1. Produk tidak tahan lama
  2. Produk tahan lama
  3. Jasa

Berdasarkan penggunaanya, produk dapat dibagi menjadi produk konsumen dan produk industri.

ScreenHunter_7

Salah satu keputusan terpenting dalam produk adalah strategi merek. Merek memberikan keuntungan baik bagi konsumen maupun perusahaan. Bagi konsumen merek mempermudah dna mempercepat mereka mengambil keputusan pembelian. Bagi perusahaan merek memberikan beberapa keuntungan, sebagai beriku;

  1. Identifikasi produk
  2. Perbandingan produk
  3. Efisiensi belanja
  4. Risiko pembelian yang lebih rendah
  5. Penerimaan produk
  6. Citra merek
  7. Loyalitas

 Komponen produk lainnya yang perlu memperoleh perhatian adalah kemasan dan label. Kedua elemen ini ikut serta membentuk citra dari produk yang dihasilkan entrepreneur. Suatu produk dengan kualitas prima namun menggunakan kemasan yang buruk dapat membuat konsumen meragukan kualitasnya.

Strategi Harga

Harga adalah sejumlah uang yang dibayarkan konsumen untuk memperoleh suatu produk. Harga merupakan elemen bauran pemasaran yang perlu diperhatikan. Empat alas an mengapa harga layak diperhatikan ;

  1. Harga merupakan salah satu komponen yang dapat digunakan oeh entrepreneur untuk meningkatkan revenue perusahaan.
  2. Harga merupakan elemen bauran pemasaran yang paling mudah diubah.
  3. Strategi dan taktik harga pesaing memberikan pengaruh besar terhadap penjualan suatu perusahaan.
  4. Harga merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk diferensiasi pada pasar yang telah jenuh dan terjadi komoditisasi produk.

Umumnya entrepreneur menggunakan satu dari beberapa metode penentuan harga, sebagai berikut ;

  1. Harga perkenalan pasar. Tujuannya untuk memperoleh penerimaan pasar secara cepat dan memaksimalkan tingkat penjualan dalam rangka meraih pangsa pasar.
  2. Harga markup. Entrepreneur menambahkan persentase markup pada biaya yang dikeluarkannya untuk menghasilkan produk. Besarnya markup dapat mengacu pada standar ndustri atau ditentukan berdasarkan pertimbangan entrepreneur.
  3. Harga prestige. Tujuannya untuk memperlihatkan keunggulan maupun eksklusifitas produk.
  4. Harga berdasarkan nilai. Dasar dari metode ini adalah menetapkan harga yang wajar unuk produk dengan tingkat kualitas tertentu.
  5. Harga pesaing. Harga yang ditetapkan sama, sedikit diatas atau sedikit dibawah harga pesaing.
  6. Strategi non harga. Persaingan harga menjadi tidak penting dan yang berperan dalam menarik pelanggan adalah kualitas, manfaat, fitur yang unik dari produk dan layanan pelanggan.

Strategi Distribusi

Secara umum distribusi memiliki fungsi sebagai berikut ;

  1. Sortir. Perantara dalam jaringan distribusi akan mengumpulkan berbagai produk dalam satu tempat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
  2. Memecah ukuran. Fungsi perantara disini adalah memecah produk ke dalam ukuran yang lebih kecil sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  3. Memelihara persediaan. Perantara berfungsi sebagai penyimpan untuk keperluan konsumen baik sekarang maupun untuk pembelian dimasa depan.
  4. Kenyamanan lokasi. Perantara berfungsi sebagai titik pertemuan yang nyaman antara produk perusahaan dengan konsumen.
  5. Menyediakan layanan. Perantara menambahkan nilai bagi pelanggan dengan memberikan layanan proses pertukaran.

 Penjualan melalui satu perantara.

ScreenHunter_8Strategi Promosi

Promosi merupakan aktivitas yang menunjang keberhasilan strategi bauran pemasaran lainnya. Tanpa promosi keunggulan produk dapat tidak diketahui konsumen. Program harga diskon yang disusun perlu diperkuat dengan iklan sehingga diketahui oleh target pasar.

            Empat elemen bauran promosi :

  1. Periklanan. Tujuan utama iklan adalah membangkitkan kesadaran konsumen akan adanya suatu produk/merek, menjelaskan keunggulan suatu produk, menciptakan asosiasi antara suatu produk dengan gaya hidup.
  2. Hubungan masyarakat. Cara ini paling efisien untuk meningkatkan awareness produk suatu perusahaan.
  3. Penjualan personal. Tujuan dari penjualan personal mencakup mencari prospek, member informasi prospek, persuasi untuk membeli produk dan mempertahankan kepuasan pelanggan melalui pelayanan purna jual.
  4. Promosi penjualan. Tujuan utama dari strategi ini adalah membangkitkan keinginan konsumen untuk mencoba dan membeli produk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: