Muhammad Rizqi Tohopi

Optimis itu perlu…!!!

Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Organisasi Bisnis

Organisasi adalah kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Di dalam organisasi, jika tujuan yang ditetapkan ingin dicapai secara efektif dan efisien, maka entrepreneur harus menerapkan konsep manajemen. Manajemen adalah ilmu pengetahuan dan seni dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu.

            Organisasi dibagi menjadi dua macam, antara lain ;

  1. Organisasi formal, menggambarkan interaksi otoritas yang tegas dan hubungan structural dalam suatu organisasi.
  2. Organisasi informal, menggambarkan interaksi dan hubungan antar pekerja, yang membentuk suatu pola yang tidak resmi diciptakan dan diatur oleh manajemen.

Menurut Robbins dan Coulter (2007) konsep manajemen memiliki empat fungsi dasar, yaitu :

  1. Perencanaan. Proses menentukan tujuan dan target-target yang akan dicapai dimasa mendatang serta merumuskan tindakan dan strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Pengorganisasian. Proses mendesain pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan ke dalam unit-unit yang dapat dikelola dan menetapkan pola wewenang diantara pekerjaan dan kelompok pekerjaan.
  3. Kepemimpinan. Proses mengarahkan, memandu dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
  4. Pengendalian. Proses mengevaluasi suatu organisasi serta mengambil tindakan-tindakan koreksi yang diperlukan dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

 Entrepreneur sebagai pemimpin organisasi memiliki tugas untuk menciptakan struktur organisasi yang dapat mendorong karyawan untuk bekerja keras dan mengembangkan sikap sportif. Di samping itu juga memfasilitasi individu dan kelompok untuk bekerja sama secara efektif.

Pegelolaan Sumber Daya Manusia

Entrepreneur harus menyadari bahwa manusia adalah sumber daya yang sangat penting didalam bisnis. Di dalam proses manajemen sumber daya manusia, terdapat delapan proses yang mesti dilakukan, yaitu ;

  1. Perencanaan sumber daya manusia. Entrepreneur harus memiliki jumlah karyawan kreatif dan inovatif.
  2. Recruitment dan decruitment. Proses untuk menempatkan dan mengurangi gugus kerja organisasi
  3. Seleksi. Proses untuk menentukan kualitas pelamar terbaik untuk pekerjaannya.
  4. Orientasi. Proses pengenalan terhadap pekerjaannya.
  5. Pelatihan karyawan. Proses untuk melatih karyawan sehingga memiliki kecakapan sesuai tuntuta kerja.
  6. Manajemen kinerja karyawan. Proses untuk mengawasi kinerja karyawan secara efektif.
  7. Kompensasi dan benefit. Entrepreneur harus dapat mengembangkan sistem kompensasi yang merefleksikan perubahan kondisi kerja dan tempat kerja agar karyawan tetap termotivasi.
  8. Pengembangan karir. Karir merupakan posisi berurutan yang dimiliki seseorang dalam hidupnya. Jadi semua orang memiliki karir, tak terkecuali pekerja tidak terlatih.

Kepemimpinan

Menurut Robbins dan Coulter (2007) pemimpin adalah seseorang yang dapat mempengaruhi pihak lain dan memiliki wewenang manajerial. Kepemimpinan adalah apa yang pemimpin kerjakan atau suatu proses mempengaruhi kelompook untuk mencapai tujuan.

Seorang entrepreneur dapat memainkan perannya sebagai pemimpin transaksional, yaitu pemimpin yang memimpin terutama dengan menggunakan perubahan sosial. Sebagai pemimpin transformasional, entrepreneur menstimulasi dan menginspirasi pegikutnya untuk mencapai hasil yang luar biasa. Mereka memberikan perhatian kepada kebutuhan pribadi dari anggotanya. Dengan kepemimpinan, entrepreneur dapat membawa perusahaan melewati masa-masa krisis dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: